Senin, 11 Januari 2016

Rekam jejak Filsafat


            Konon, setiap manusia ditakdirkan menjadi pengembara dalam hidupnya yang tak pernah berhenti pada satu titik perhentian. Ia berkelana menjelajah jagat raya dengan langkah dan imajinasinya hingga sampai pada batas ketakberhinggaan. Begitu pula pada gambar diatas yang merupakan penjelajahan terhadap rekam jejak Filsafat.

           Filsafat Yunani bertumbuh atas dasar pemikiran mitis dan arkais menuju ke suatu refleksi sistematis mengenai susunan dalam (logos) segala sesuatu yang terjadi. Setelah itu muncul aliran empirisme dibangun pada abad ke-17 yang muncul setelah lahirnya aliran rasionalisme. Aliran filsafat yang lain adalah Positivisme. Kemudian zaman Kontemporer dimulai pada abad ke 20 hingga sekarang. Aliran-aliran terpenting yang berkembang dan berpengaruh pada abad 20 adalah pragmatisme, vitalisme, fenomenologi, eksistensialisme, filsafat analitis, strukturalisme, postmodernisme, dan semiotika.

         Rekam jejak tersebut mengisyaratkan kita bahwa pengaruh pola pikir dalam pencarian solusi dan jati diri sangatlah penting. Sehingga filsafat dari jaman yunani hingga saat ini digunakan sebagai refleksi atas perkembangan ilmu pengetahuan.

0 komentar:

Posting Komentar