Senin, 11 Januari 2016

Pendekatan Iceberg Dalam Matematika Realistik

    

Berdasarkan Realistic Mathematics Education dan Matematika sekolah yang berbeda dengan Matematika murni, sebuah pendekatan pembelajaran matematika dengan fenomena gunung es (Iceberg) dalam Realistic Mathematics Education  direkomendasikan untuk pembelajaran matematika sekolah terutama matematika sekolah dasar. Pendekatan gunung es (Iceberg Approach) dalam Realistic Mathematics Education (Moerlands dalam Sutarto, 2008) dari dasar menuju ke atasmeliputi 4 tahap:
1.        Mathematical world orientation
2.        Model material
3.        Building stones, number relations
4.        Formal notation

       Dalam menerapkan jiwa matematika ke dalam pikiran peserta didik, dasar matematika peserta didik harus dikuatkan yaitu dengan dihubungkan dengan sesuatu yang sering dijumpainya dalam kehidupan. Kemudian peserta didik dituntut untuk bisa memodelkan permasalahan yang dijumpai tersebut dan kemudian menghubungkannya dengan matematika, lalu diharapkan bisa menotasikannya dalam notasi formal matematika.

      Oleh sebab itu, pendekatan Iceberg dalam Matematika Realistik diharap dapat membangun pengetahuan dan daya serap siswa terhadap materi pembelajaran di sekolah. Karena sejatinya Matematika bukan bersifat abstrak, namun merupakan model dan aplikasi dalam kehidupan sehari. Oleh sebab itu pengenalan matematika sebaiknya dipadukan dengan keseharian siswa.

0 komentar:

Posting Komentar