Berdasarkan
Realistic Mathematics Education dan
Matematika sekolah yang berbeda dengan Matematika murni, sebuah pendekatan
pembelajaran matematika dengan fenomena gunung es (Iceberg) dalam Realistic
Mathematics Education direkomendasikan
untuk pembelajaran matematika sekolah terutama matematika sekolah dasar. Pendekatan
gunung es (Iceberg Approach) dalam Realistic Mathematics Education (Moerlands
dalam Sutarto, 2008) dari dasar menuju ke atasmeliputi 4 tahap:
1.
Mathematical
world orientation
2.
Model
material
3.
Building
stones, number relations
4.
Formal
notation
Dalam
menerapkan jiwa matematika ke dalam pikiran peserta didik, dasar matematika peserta didik harus dikuatkan yaitu dengan dihubungkan dengan
sesuatu yang sering dijumpainya dalam kehidupan. Kemudian peserta didik
dituntut untuk bisa memodelkan permasalahan yang dijumpai tersebut dan
kemudian menghubungkannya dengan matematika, lalu diharapkan bisa
menotasikannya dalam notasi formal matematika.
Oleh sebab itu, pendekatan Iceberg dalam Matematika Realistik diharap dapat membangun pengetahuan dan daya serap siswa terhadap materi pembelajaran di sekolah. Karena sejatinya Matematika bukan bersifat abstrak, namun merupakan model dan aplikasi dalam kehidupan sehari. Oleh sebab itu pengenalan matematika sebaiknya dipadukan dengan keseharian siswa.
Oleh sebab itu, pendekatan Iceberg dalam Matematika Realistik diharap dapat membangun pengetahuan dan daya serap siswa terhadap materi pembelajaran di sekolah. Karena sejatinya Matematika bukan bersifat abstrak, namun merupakan model dan aplikasi dalam kehidupan sehari. Oleh sebab itu pengenalan matematika sebaiknya dipadukan dengan keseharian siswa.
0 komentar:
Posting Komentar